Wuling-mobil.blogspot.co.id, Sejauh ini, pasar mobil di Tanah Air masih
didominasi pabrikan otomotif asal Jepang. Sementara pabrikan di luar Jepang,
tentu wajib mengeluarkan jurus jitu agar bisa tetap eksis di Tanah Air.
Namun, pasar yang kecil di luar Jepang tak menyurutkan
pabrikan asal China, Wuling Motors bekerja sama dengan pabrikan asal Amerika
Serikat, General Motors, (SAIC GM-Wuling), untuk menghadirkan produk anyar
dengan harga terjangkau. Mereka bahkan menggelontorkan investasi besar untuk
membangun pabrik di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, sebesar US$700 juta.
Mobil yang dipilih untuk mencari peruntungan di Tanah Air,
dan bakal merecoki pabrikan Jepang adalah jenis mobil keluarga atau Multi
Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas tujuh penumpang.
Menurut Presiden Wuling Motors, Xu Feiyun, untuk bersaing
dengan pabrikan Jepang di Indoneia, pihaknya akan menggunakan cara pesuasif
dengan pelanggan. Hal itulah yang sekiranya akan menjadi nilai plus bagi Wuling
di Tanah Air.
"Kita akan sangat dekat dengan pelanggan, dan apa pun
masukan dari pelanggan akan kita ambil dan diberikan kepada profile
development. Wuling akan menyesuaikan produk dengan suara pelanggan. Dengan
begitu kami percaya, pasti kami bisa ambil hati Indonesia. Sebab kami melakukan
perubahan dengan perhatian para konsumen," kata Xu Feiyun di Jakarta,
Kamis malam, 9 Juni 2016.
Ia menambahkan, pihaknya optimistis, dengan segmen MPV di
pasar Tanah Air. Dia juga mengaku akan bersaing secara sehat pada produk-produk
Jepang yang sudah lebih dahulu eksis.
"Memang tujuan kami menjadikan Indonesia sebagai pasar
otomotif Wuling. Untuk tahap pertama, 50 diler (yang disiapkan) memang agak
kecil. Tapi kami akan memastikan akan lebih banyak diler yang akan
dibuat," kata Xu Feiyun.
Wuling sendiri mengaku sudah melakukan beberapa survei
mengenai produknya di Indonesia dan sudah mengantongi beberapa saran dari
masyarakat untuk dipertimbangkan pada produknya. "Untuk jaringan penjualan
dan purna jual, pasti kami pertimbangan. Yang penting kami harus memenuhi kebutuhan
pelanggan di produk kami. Pelanggan harus dapat pelayanan yang bagus. Untuk
jaringan pasti kita akan membuat cukup," kata dia.
Siap masuk Gaikindo
Wuling juga mengaku siap menjadi anggota Gabungan Industri
Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk mengikuti setiap pameran yang ada
di Indonesia. Kata Xu Feiyun, sejauh ini pihaknya sedang mengurus status
keanggotaan dan melengkapi beberapa syarat lagi untuk menjadi anggota Gaikindo.
"Kami mengajukan produk demand sesuai dengan peraturan
Indonesia. Kami akan lengkapi sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh
Indonesia," kata dia.
Sekadar diketahui, SAIC GM-WUling akan memperkenalkan dua
produk mereka di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto
Show (GIIAS) 2016 nanti. Meski pihaknya akan memamerkan produk, namun untuk
pemesanan belum dapat dilakukan.
Kedua nama mobil tersebut diperkirakan bernama Wuling
Hongguang, yang akan tersedia dalam varian mesin 1.2 liter dan 1.5 liter untuk
kelas MPV kecil. Mobil ini disebut-sebut akan menjadi pesaing bagi Toyota
Avanza dan Daihatsu Xenia.
Sedangkan pada model MPV besar, Wuling 730 atau Baojun 730
yang akan bersaing dengan Toyota Innova. Mobil tersebut sedianya akan memiliki
dua pilihan mesin, yakni 1.5 liter dan 1.8 liter. Kedua mobil ini disebut-sebut
merupakan mobil sejuta ummat yang memang disiapkan pabrikan dengan harga jual
terjangkau.
Berita pernah di publikasikan di https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/783291-wuling-percaya-mpv-murahnya-bakal-populer-di-indonesia
0 Komentar
Penulisan markup di komentar